Keindahan Wisata Desa Ranu Pani

Sumber : khrisnawahyu.wixsite.com


    Mungkin dari temen-temen pendaki ada yang sudah mengenal desa yang bernama Ranu Pani. Iyaa benar desa ini terletak sebelum pendakian menuju gunung semeru. Desa Ranu Pani terletak di wilayah Kecamatan Senduro , Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Desa Ranu Pani adalah salah satu desa wisata yang termasuk dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Uniknya dari desa ini yaitu terletak pada ketinggian 2100 mdpl, sungguh mengagumkan bukan?. Desa ini banyak dikagumi oleh wisatawan karena pemandangan alam yang mengagumkan. Selain itu juga, karena terletak di atas 2000 mdpl memiliki suhu yang sejuk dan menyegarkan.

 

Wisata Alam di Desa Ranu Pani

    Dilansir dari www.nativeindonesia.com, Desa Ranu Pani memiliki 3 danau yang indah yaitu, Ranu Pani, Ranu Regulo dan Ranu Kumbolo. Danau Ranu Pani adalah danau yang terletak di ujung Desa Ranu Pane dan disebelah pos pendakian Gunung Semeru. Perjalanan menuju Danau Ranu Pani dari Simpang Jemplang dapat ditempuh menggunakan mobil pickup, jeep, ojek motor atau kendaraan pribadi. Perjalanan menuju Danu Ranu Pani akan melewati kawasan hutan pegunungan yang sejuk nan asri, dengan jalan yang sudah diaspal dengan baik. Jadi perjalanan akan terasa nyaman dan menyenangkan. Setelah turun dari kendaraan, wisatawan akan diarahkan oleh papan petunjuk untuk menuju Danau tersebut. Dilansir dari www.teamtouring.net, di sekitaran jalan menuju Danau terdapat banyak terdapat bangunan-bangunan seperti warung makan, kamar mandi, parkir motor dan lain-lain. Tentunya fasilitas tersebut sangat berguna bagi para wisatawan yang datang.
Sumber : lamputeplox.wordpress.com


Pemandangan danau Ranu pani sangatlah indah dengan pepohonan yang rimbun di sekitarnya. Wisatawan akan dimanjakan dengan jerninhnya air danau dan indahnya pemandangan sekitar Danau Ranu Pani.

    Wisata selanjutnya yang berada di Desa Ranu Pani yaitu Danau Ranu Regulo. Ranu Regulo adalah danau yang masih termasuk ke dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Danau tersebut terletak dekat dengan pos pendakian Gunung Semeru. Perjalanan dari Desa Ranu Pani menuju Danau Ranu Regulo dapat dikatakan singkat dengan jarak 100 m dan estimasi waktu 20 menit dengan jalan kaki. Di perjalanan menuju danau, wisatawan akan menyaksikan pemandangan perkebunan dan tanaman sayur-sayuran. Dilansir dari www.travelblog.id, ketika ingin sampai Danau Ranu Regulo terdapat kantor penelitian khusus Ranu Regulo dan terdapat plang yang bertuliskan Ranu Regulo.
Sumber : Travelblog.id

Pemandangan Danau Ranu Regulo sangat indah dengan pohon-pohon rimbun yang mengelilingi danau dan air danu yang berwarna hijau. Selain itu juga, bagi wisatawan yang ingin menikmati indahnya sunrise, dapat bermalam dengan menggunakan tenda di sekitar danau.

    Wisata yang tak kalah menarik juga, pada Desa Ranu Pani adalah Danau Ranu Kumbolo. Mungkin para pendaki sudah familiar dengan danau ini. Karena untuk menuju Puncak Mahameru, para pendaki akan melewati Ranu Kumbolo sebagai tempat bermalam. Danau Rau Kumbolo adalah danau yang terletak di Pegunungan Tengger, di kaki Gunung Semeru. Untuk menuju Danau Ranu Kumbolo wisatawan harus melakukan registrasi terlebih dahulu dan cek kesehatan di pos pendakian Gunung Semeru. Dilansir dari www.bromalang.com, perjalanan menuju Ranu Kumbolo akan melewati jalan aspal terlebih dahulu, lalu memasukki kawasan hutan dengan jalan berkelok, namun tidak terlalu menanjak. Tanda bahwa kita sudah mendekati Danau Ranu Kumbolo adalah adanya hamparan sabana yang luas dengan rawa ditengahnya.
Sumber : Katalogwisata.com

    Ranu Kumbolo adalah danau yang terletak pada ketinggian 2400 mdpl dengan pohon rimbun dan sabana di sekitarnya. Pemandangan di Danau Ranu Kumbolo sangatlah indah untuk dinikmati.

Bagaimana?Sungguh indah bukan wisata-wisata alam yang berada di Desa Ranu Pani. Dengan suasana yang masih alami dan suhu yang menyejukkan. Desa Ranu Pani dapat menjadi bucketlist temen-temen lho. Karena wisata alam dapat menghadirkan kedamaian dan kesenangan tersendiri bagi temen-temen.


Komentar

Sebatang Cerita Populer

Sosialisasi, Edukasi, dan Advokasi Masyarakat Sekitar Pertambangan Untuk Mengurangi Angka Korban Konflik dan Kerusakan Lingkungan dalam Penerapan UU Minerba 2020

Tantangan Kebijakan Penangkapan Terukur Kementrian Kelautan dan Perikanan 2022

Bersinergi Mewujudkan Indonesia Emas 2045 dengan Komunitas Mengajar di daerah 3T